Akibat ulah manusia yang ngga bertanggungjawab , alam di sekitar kita pun menjadi korban, tanpa kita sadar dampaknya itu sangat besar sekali terhadap kehidupan kita, selain itu dampaknya juga besar terhadap hewan-hewan yang mulai terancam punah populasinya, hewan-hewan langka pun terancam mati atau punah, jadi kita sebagai generasi penerus harus bisa melestarikan alam yang ada di sekeliling kita jangan sampe malah kita merusaknya..

  • Badak Jawa

Badak jawa ini yang terkenal dengan sebutan badak bercula satu ini menjadi salah satu buruan yang berharga karena culanya, selain buruan liar, penyebaran penyakit, serta bencana alam menyebabkan populasinya berkurang, hewan ini merupakan hewan yang sangat langka dengan jumapah populasi yang sedikit sekali, oleh karena itu kita harus melestarikannya agar tidak punah.

 

 

 

 

 

  • Orang Utan

Orang utan juga termasuk hewan yang populasinya teracam karena pembakaran hutan, penebangan pohon secara liar, serta pembukaaan lahan hutan untuk lahan industri menjadi salah satu penyebab utama yang mengancam keberadaanya populasi orang utan. Hewan mamalia ini berkembangbiak secara lambat dimana si betina hanya melahirkan satu anak (1) saja. Di tambah lagu adanya pemburuan hutan secara illegal untuk di ambil kulit dan bulunya. Itu menyebabkan populasi orang utan berkurang terus menerus.

 

  • Panda

Hewan yang memiliki tubuh besar ini mengalami penurunan populasi besar-besaran yang disebabkan hilangnya habitat akibat  pertumbuhan ekonomi dan bencana alam, hutan bambu yang merupakan habitat sekaligus sumber makanan para panda terganggu dengan perkembangan teknologi dan bencana alam atau gempa bumi.

 

 

 

  • Komodo

Ancaman kepunahan komodo terjadi pembakaran hutan tempat habitat para komodo oleh pihak yang tidak bertanggungjawab menjadi ruang gereak mereka atau populasinya menjadi sempit dan ada beberapa komodo yang ikut terbakar akibat peristiwa itu dan jumlahnya juga tidak sedikit.

 

 

  • Harimau Sumatra

Lagi-lagi indonesia kembali terancam punah hewan-hewan yang sudah mulai langka, akibat para pemburu liar yang tidak bertanggung jawab dan pembukaan lahan yang menyebabkan habitat mereka menjadi sempit, yang lebih menyedihkan lagi harimau di buru untuk di perdagangkan untuk di ambil kulitnya, tulang, da hingga orang tubuh lainnya..

 

Kita sebagai generasi penerus harus melestarikan hewa-hewan yang habitatnya mulai  menurun atau sudah langka, sebelum semuanya terlambat dan tidak ada spesies lagi atau bener-bener punah, ngga salah dan ngga heran kalo pemburuan liar itu pasti selalu ada oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Kita sebagai manusia yang sayang terhadap binatang mulai deh hindari memakai produk yang terbuat dari kulit binatang walaupun itu okee dan harganya mungkin selangit tapi untuk mencegah nya kepunahan hewan tersebut.